Friday, January 27, 2017

Cara impor aman dan menguntungkan dari Cina di alibaba.com

China belakangan ini telah menjelma sebagai raksasa industri dunia. Dikenal sebagai source untuk produk-produk yang selain harga yang murah gila, kualitas yang  baik, juga kemudahan untuk mencari produk-produk yang diperlukan tanpa harus pergi ke China. ONLINE

Tiap usaha pasti ada resiko, tiap usaha pasti menemui kesulitan. Paling awal yang akan menghadang seperti kendala bahasa, kemungkinan terjadinya penipuan dan resiko-resiko lainnya. Ya, dalam dunia usaha jelas ada Risk and Benefit.
Tinggal sejauh mana anda mau mengambil resiko? Sejauh mana persiapan anda biar gak ketipu?
Simak berapa tips dibawah ini:

1. Tentukan "IDE" barang apa yang anda akan beli dan sesuai modal.

Langkah pertama yang anda harus tentukan adalah apa barang yang anda akan beli, perhatikanlah pasarnya, apakah ada kompetitor untuk barang sejenis? Apakah pasarnya tersedia? Berapa modal yang anda miliki?

2. Cari barang yang anda akan cari itu melalui Perusahaan/Pabrik/Agennya.

Melalui Website B2B (Business to business) adalah website yang menjembatani antara produsen dan buyer, saat ini ada banyak website B2B seperti alibaba, aliexpress, taobao, dll.

3. Carilah seller yang sudah verified (gold member/ punya star rating dll)

Kurangilah resiko anda dengan hanya menghubungi seller yang sudah verified. Untuk alibaba bisa dilihat dengan gold member, untuk global source bisa dilihat dari star ratingnya. Bukan berarti dengan verified member ini sudah pasti aman, kita hanya meminimalisir resikonya saja. Perlu diketahui untuk mejadi verified member si supplier ini harus mengeluarkan uang yang cukup besar antara USD 4000-8000, jadi kemungkinan mereka untuk menipu cukup kecil.

4. Mintalah Price List

Perusahaan yang baik adalah yang memiliki data rinci, dan jelas seperti daftar produk atau daftar harga

5. Mintalah sample barang.

Jangan seperti membeli barang dalam karung! Kenalilah barang yang anda akan beli. Setiap supplier pasti mau mengirimkan sample barangnya. Tentu saja untuk pertama kali tidak gratis, biasanya kita cukup mengganti harga barang + ongkos kirim. Ini penting untuk melihat secara langsung barang yang akan dibeli, apakah kualitasnya bagus, packagingnya seperti apa, dll.

6. Gunakan metode pembayaran yang aman.

Pembayaran menggunakan L/C mungkin cukup aman, karena uang baru dirilis ketika barang tiba, tapi kalau anda tidak bisa menggunakan L/C mungkin bisa menggunakan metode pembayaran lain yang cukup aman seperti Paypal, atau program Escrow milik Alibaba juga lebih saya sarankan.
Perlu dihindarkan pengiriman dengan menggunakan Western Union/ TT (kecuali anda sangat yakin dengan supplier anda.

 Tips diatas mungkin masih sangat umum, tapi setidaknya itu dapat membantu anda dalam transaksi pembelian barang dari China. Ingat! resiko itu pasti ada, yang kita dapat lakukan hanya mengurangi resiko tersebut.

 

Postingan seperti ini dan banyak postingan bermanfaat lainya bisa anda dapatkan rutin dengan follow / add akun ini :
  • FB page : https://shrinke.me/nNMk
  • Instagram @ayonaikkelas
  • YouTube Channel https://shrinke.me/hN54A

Silahkan add friend dan follow jika bermanfaat ya.. ^^

 

No comments:

Post a Comment